Memahami Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Memahami Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Apa perbedaan TV Analog dan TV Digital? Yuk simak artikel ini untuk tahu bedanya, dari transmisi sinyal, kualitas gambar, fitur dan lain lain!

Media hiburan sangat banyak jenisnya. Televisi merupakan salah satu media hiburan yang digunakan oleh hampir semua orang. Terlebih lagi pada era digital seperti sekarang, teknologi televisi terus berkembang dan muncul jenis TV digital. Belum lama ini juga, siaran TV analog resmi dihentikan pada tanggal 2 November 2022 lalu. Namun, apakah TV digital ini lebih baik dibanding TV analog? Simak perbedaan TV analog dan TV digital selengkapnya di artikel ini! 

Kualitas Gambar

TV digital punya kualitas gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan TV analog. TV digital memiliki gambar yang lebih jernih, tajam dan detil, jika TV analog gambar yang dihasilkan cenderung akan buram dan kabur karena tergantung dengan sinyal analog. Selain itu format TV digital juga lebih luas dibandingkan TV analog. 

Sinyal

Sinyal TV analog cenderung rentan terhadap gangguan seperti noise dan interferensi. Banyak faktor yang akan menyebabkan sinyal TV analog tidak stabil, seperti cuaca buruk, posisi antena yang buruk. 

Fitur Tambahan

TV digital mempunyai beberapa fitur tambahan seperti Electronic Program Guide (EPG) yang bisa memudahkan kamu sebagai penonton untuk melihat jadwal program TV. Lalu ada Personal Video Recorder (PVR) yang bisa memungkinkan penonton untuk merekam program TV favorit, TV digital juga memungkinkan Parental Controls, dimana orang tua bisa memblokir konten TV yang tidak sesuai untuk anak-anak. Ada juga fitur Closed Caption dimana teks yang muncul di layar televisi bisa membantu penonton memberikan terjemahan dalam bahasa yang beda. Fitur diatas tidak akan kamu temukan di TV analog biasa. Dengan fitur-fitur tersebut, TV digital menjadi lebih interaktif dan fleksibel dibanding TV analog. 

Teknologi

Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal teknologi, dimana TV analog mengirimkan sinyal melalui pemancar ke TV. sedangkan TV digital menggunakan teknologi digital untuk mengirimkan sinyal ke TV. Hal ini membuat suara dan gambar pada TV digital lebih jernih. 

Baca Juga: TV Analog Dimatikan, SmartBox X1 Solusi untuk TV Digital

Gimana? Dalam hal kualitas gambar dan suara, TV digital lebih unggul dibanding dengan TV analog. Namun kamu perlu memperhatikannya sebelum membeli, apakah terdapat fitur yang kamu butuhkan atau tidak. Namun, apabila kamu tidak ingin ganti dan tetap pada TV analog pun tidak masalah, kamu tetap bisa menikmati tayangan hiburan di televisi dengan Set Top Box. Jika kamu sudah langganan First Media, kamu tidak perlu repot untuk membeli lagi! Kamu juga bisa menikmati paket wifi unlimited #LebihKencangLebihBebas main media sosial, streaming, meeting, sampai gaming sepuasnya juga! Yuk cek terlebih dahulu dan pilih paketnya sesuai kebutuhanmu sekarang!

Share :

You might also like :

5 Rekomendasi Hadiah Valentine untuk Pasangan kamu!
jakakakakakkkakka
. . .