Kabel Coaxial & Fiber Optik

Kabel Coaxial & Fiber Optik

Meskipun secara umum memiliki fungsi yang hampir sama, tetapi kedua kabel ini ternyata memiliki perbedaan dari performance hingga biaya.

Jaringan internet merupakan faktor yang penting dalam menyediakan akses internet yang cepat dan stabil. Jika kamu sedang mencari solusi untuk jaringan internet rumah kamu, mungkin sudah pernah mendengar terkait Kabel Coaxial dan Fiber Optik. Kabel Coaxial dan Fiber Optik merupakan dua jenis kabel yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal data, termasuk untuk mentransmisikan sinyal internet.

Kedua kabel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna untuk memutuskan kabel mana yang akan digunakan. Baik Kabel Coaxial dan Fiber Optik, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk mengirim sinyal seperti sinyal telepon, radio hingga internet. 

Meskipun secara umum memiliki fungsi yang hampir sama, tetapi kedua kabel ini ternyata memiliki perbedaan dari performance hingga biaya. Untuk tahu lebih lanjut, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini sampai habis! 

Perbedaan Kabel Coaxial dan Fiber Optik

1. Kecepatan

Dari sisi kecepatan, Fiber Optik dapat mengantarkan kecepatan sampai dengan 10 Gbps untuk download dan uploadnya.  Sedangkan kabel Coaxial menggunakan kabel modem Docsis 3.1 yang juga sama memberikan kecepatan hingga 10 Gbps.
Saat ini First Media sudah menyediakan kecepatan sampai dengan 1 Gbps dengan menggunakan kedua teknologi tersebut. 

2. Jarak dan ketahanan kabel

Dari jarak transmisi data yang dikirim, Fiber Optik cenderung lebih stabil dan unggul jika melakukan transmisi data pada jarak yang jauh, namun Fiber Optik saat ini masih tersedia di area yang lebih terbatas, dan secara umum kabelnya akan lebih mahal, rentan dan sensitif. 
Jika dibandingkan dengan kabel coaxial, secara umum kabel coaxial memiliki ketahanan terhadap elemen dan penggunaan yang lebih baik, serta lebih tersedia mudah sehingga lebih mudah melakukan perbaikan dan perawatannya. 

3. Keamanan

Dalam aspek keamanan, Fiber Optik maupun coaxial sama-sama memiliki kemungkinan untuk interferensi dan ancaman keamanan oleh karenanya penting untuk memiliki metode enkripsi dan otentifikasi.
Namun secara umum Fiber optik akan memiliki daya guna yang lebih baik karena menggunakan cahaya sebagai media transmisi data, sedangkan untuk coaxial masih akan tergantung pada listrik sebagai pengantar datanya. 

4. Biaya

Dalam hal biaya, kabel Coaxial lebih murah jika dibandingkan Fiber Optik. Hal ini tentunya terpengaruh dari bahan yang digunakan keduanya. Fiber Optik lebih mahal dibanding dengan Kabel Coaxial dan tentunya memerlukan peralatan khusus untuk instalasi serta pemeliharaannya. 
Namun, Fiber Optik lebih banyak digunakan untuk jaringan internet dan jaringan telekomunikasi dengan jarak jauh sehingga cocok untuk kamu yang membutuhkannya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan apabila kamu membutuhkan teknologi terkini untuk jaringan internet, kamu bisa menggunakan kabel Coaxial dan Fiber Optik yang memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, namun semua tergantung kebutuhan masing-masing pengguna. 

Saat ini First Media menawarkan dua teknologi tersebut. First Media menggunakan Fiber Optik di daerah yang tercover jaringan Fiber Optik dan menggunakan kabel modem Docsis 3.1 di daerah yang menggunakan kabel coaxial. Namun jangan khawatir untuk kamu pengguna First Media dan daerah kamu sudah terdapat jaringan Fiber Optik, kamu bisa melakukan migrasi  Fiber Optik, karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti di bawah ini.

Keuntungan Migrasi Fiber Optik First Media

  1. Perangkat baru. First People, setelah migrasi, kamu akan mendapatkan perangkat serta jaringan baru dengan teknologi Fiber Optik, sehingga dari sisi maintenance serta layanan yang diberikan juga akan lebih baik. 
  2. Kecepatan upload yang simetris. Dengan jaringan Fiber Optik, kamu akan mendapatkan paket First Media dengan kecepatan upload simetris up to 1:1 sehingga akan mempermudah aktivitas yang membutuhkan kecepatan upload yang cepat dan stabil seperti live streaming, upload file ukuran besar dan lainnya
  3. Tidak dikenakan biaya. Migrasi pada pelanggan lama ke jaringan Fiber Optik tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk penggantian perangkat modem, STB, dan kabel. First people bisa bisa langsung ganti ya, jika sudah tersedia di area kamu.
  4. Lebih Estetik. First Media menggunakan sistem instalasi yang baik dan rapi dengan kabel Optik transparan untuk tetap menjaga estetika di dalam rumah.
  5. Jadwal instalasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, tinggal menghubungi dan menjadwalkan.
  6. Bersama dengan migrasi pelanggan, kamu dapat memperbaharui paket yang digunakan saat ini (bila masih menggunakan paket lama yang tidak terupdate) ke paket terbaru yang #LebihKencangLebihBebas


Gimana? Kabel Coaxial dan Fiber Optik memiliki keunggulannya masing-masing dalam penggunaanya. First Media juga memiliki internet dengan Fiber Optik dan Kabel Coaxial dengan teknologi terkini, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman menggunakan internet yang lebih kencang lebih bebas. Buat kamu yang ingin melakukan migrasi ke jaringan Fiber Optik, kamu bisa mengakses tautan berikut ini. Sedangkan, jika belum berlangganan First Media, kamu bisa cari tahu lebih lanjut mengenai paket-paket internet dan TV kabel yang disediakan oleh First Media di sini.

Share :

You might also like :

5 Keuntungan Internet Fiber Optic
jakakakakakkkakka
. . .