Apa itu Pickleball? Ini Perlengkapan dan Cara Mainnya!

Apa itu Pickleball? Ini Perlengkapan dan Cara Mainnya!

Apa itu pickleball? Temukan definisi, cara bermain, ukuran lapangan, dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam artikel ini!

Apa itu permainan pickleball? Pickleball merupakan olahraga yang semakin populer saat ini di kalangan berbagai usia. Dengan berbagai elemen dari tenis, tenis meja dan bulu tangkis, pickleball menawarkan perpaduan yang seru serta menyenangkan. Permainan pickleball bisa dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan menggunakan raket khusus dan bola berlubang. 

Permainan ini berasal dari Washington, Amerika Serikat. Permainan ini dengan cepat mendapatkan popularitas bahkan di seluruh dunia. Sampai saat ini pickleball juga menjadi cabang olahraga resmi termasuk World Games.

Untuk tahu lebih lanjut terkait pickleball kamu bisa baca penjelasan di bawah ini! 

Perlengkapan Pickleball

Berikut perlengkapan yang diperlukan untuk bermain pickleball: 

1. Raket

Kamu bisa menggunakan raket pickleball yang mudah dipegang dan ringan. Raket ini terbuat dari bahan yang kuat dan memiliki permukaan yang responsif untuk memukul bola dengan baik.

2. Bola Pickleball

Kamu bisa menggunakan bola pickleball yang sesuai dengan standar permainan. Bola ini memiliki lubang-lubang kecil di dalamnya dan dirancang untuk memberikan kinerja baik saat dipukul.

3. Net

Kamu juga memastikan bahwa ada net pickleball yang dipasang dengan benar di tengah lapangan sebelum kamu bermain.

4. Pakaian dan Sepatu

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai aktivitas olahraga kamu. Gunakan sepatu olahraga yang mempunyai daya cengkram yang baik untuk menghindari terpeleset atau tergelincir di lapangan.

Cara Bermain Pickleball

Permainan bisa dimainkan oleh dua pasangan atau empat pemain tunggal. Tujuannya sama seperti permainan tenis, yaitu mencetak poin dengan melempar bola ke area lawan yang tidak dapat dikembalikan. Berikut langkah-langkah dasar untuk bermain pickleball: 

1. Persiapan lapangan

Lapangan pickleball berbentuk persegi panjang dengan ukuran 20 kaki x 44 kaki untuk ganda dan 20 kaki x 22 kaki untuk tunggal. Lapangan ini dibagi menjadi dua oleh net yang ada di tengah.

2. Posisi pemain

Setiap pemain harus berdiri di sisi yang sama dengan pasangannya. Saat melakukan servis, kamu sebagai pemain harus berada di belakang garis servis dan tidak boleh melanggar garis saat memukul bola pertama. 

3. Servis

Lalu untuk servis dilakukan dari area servis di belakang garis dasar. Kamu sebagai pemain harus memukul bola dari bawah dan melewati net menuju ke area penerimaan lawan.

4. Permainan

Setelah servis, bola harus dipukul satu kali oleh masing-masing tim sebelum menjadi bola bebas. 

5. Rally

Hal yang harus diperhatikan adalah kamu sebagai pemain harus bisa saling memukul bola dengan bergantian. Hindari kesalahan, dan coba untuk membuat lawan melakukan kesalahan. Poin diberikan ketika lawan itu gagal dalam mengembalikan bola atau melakukan kesalahan. 

Bagaimana? Semoga bisa menambah ilmu atau informasi kamu! Agar lebih paham tentang permainan pickleball kamu bisa menonton pertandingan pickleball di YouTube atau lainnya. Tentunya kamu bisa memakai koneksi internet rumah dari First Media. Internetan seru #LebihKencangLebihBebas tanpa khawatir kuota habis!

Share :

You might also like :

Band Genre Keras Underrated yang Harus Kamu Tahu!
jakakakakakkkakka
. . .