10 Soft Skill yang Bikin Karir Kamu Meningkat Pesat!

10 Soft Skill yang Bikin Karir Kamu Meningkat Pesat!

Mulailah kembangkan soft skill kamu karena hal tersebut akan sangat membantu kamu dalam mencapai karir impian

Zaman sekarang mencari pekerjaan semakin sulit, hal itu membuat banyak orang harus berbenah diri agar menjadi sesuai dengan kriteria kerja yang diperlukan. Semakin lama akan semakin banyak kemampuan yang dibutuhkan dalam sebuah posisi pekerjaan. Kamu harus menguasai beberapa skill tertentu agar kamu dapat meningkatkan peluang untuk diterima di posisi yang kamu mau dan membuat kamu lebih mudah beradaptasi. Skill umumnya dibagi menjadi dua yaitu soft skill dan hard skill. Hard skill lebih berbicara tentang kemampuan teknis seseorang dalam melakukan pekerjaan seperti kemampuan membuat artikel, copywriting, dan lainnya, tetapi selain hard skill, soft skill juga dapat berperan penting dalam mengawali dan mengembangkan karir. Berikut ulasan mengenai beberapa soft skill yang berguna dalam karir kamu.

1. Kerjasama Tim

Bekerja sama dengan anggota tim lainnya merupakan keterampilan penting dalam banyak profesi. Kemampuan untuk berkontribusi dalam tim dan mendukung rekan kerja akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Seorang pekerja harus bisa berkolaborasi dan koordinasi antara anggota tim yang melibatkan kemampuan untuk bekerja secara harmonis, saling mendukung, dan berkontribusi aktif dalam mencapai hasil yang diinginkan.

2. Kepemimpinan

Kemampuan untuk menginspirasi dan memimpin orang lain adalah keterampilan yang berharga dalam perjalanan karir, terutama bagi mereka yang berambisi untuk mengejar posisi manajerial atau pemimpin dari sebuah tim. Kepemimpinan biasa meliputi kemampuan untuk mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengorganisasi suatu tim atau kelompok dengan efisien dan efektif. Kepemimpinan berbeda dari posisi atau menjadi pemimpin, kepemimpinan lebih melibatkan sikap, keterampilan, problem solving dan perilaku yang memungkinkan seseorang untuk menjadi panutan dan membawa perubahan positif dalam lingkungan kerja, masyarakat, atau organisasi.

3. Membangun hubungan baik

Hubungan baik yang kamu jalin dengan orang lain bisa jadi akan menjadi jalur kamu untuk mendapatkan karir yang kamu impikan. Pastikan kamu bergaul dengan orang-orang yang berkualitas, ambil ilmu sebanyak-banyaknya, belajar sebanyak-banyaknya, dan aplikasikan. Hal tersebut akan membuat kamu memiliki nilai lebih dimata orang lain.

4. Belajar untuk menerima kritik

Memang menerima kritik itu bukan hal yang mudah tetapi hal ini mesti dibiasakan. Kritik bisa menjadi salah satu bahan pembelajaran yang sangat efektif apabila kamu ingin berkembang menjadi lebih baik. Kamu harus berani untuk bertanya tentang apa yang harus diperbaiki dalam diri kamu, kontrol reaksi kamu tentang kritik yang kamu terima, dan berikan respon yang baik terhadap pemberi kritik. Apabila kamu merasa benar maka perjuangkan argumen kamu dengan data dan fakta-fakta yang valid tetapi tetap dengan sopan santun. Kemampuan ini akan membuat kamu lebih mudah belajar dari orang lain dan kesalahan dimasa lalu.

5. Manajemen Waktu yang Baik

Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik dan mengelola pekerjaan yang banyak adalah keterampilan yang sangat penting dalam menjaga produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan. Seseorang dengan manajemen waktu yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal harian atau mingguan dengan baik, membagi waktu untuk pekerjaan, istirahat, dan rekreasi, serta menghindari multitasking yang berlebihan. Semakin baik seseorang dapat mengatur waktu maka ia akan dengan mudah menjaga performanya agar tetap stabil. Manajemen waktu yang baik bukan hanya tentang menghemat waktu, tetapi juga tentang memanfaatkan waktu dengan bijaksana untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting dan berarti bagi kehidupan kita.

6. Jadilah Storyteller yang baik

Storytelling merupakan salah satu skill yang sangat penting terutama untuk bidang marketing. Di zaman sekarang, banyak brand yang mulai memasarkan mereka dengan cara ini dimana mereka akan memasukkan produk mereka ke dalam sebuah cerita yang mana diawali dengan penyampaian situasi yang terjadi saat ini, lalu dilanjutkan dengan penyampaian masalah, dan diakhiri dengan solusi yang dibawa oleh produk mereka.

7. Orientasi pada Detail

Kemampuan untuk bekerja dengan teliti dan memperhatikan detail kecil adalah keterampilan yang sangat penting, terutama dalam pekerjaan yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Individu dengan orientasi pada detail cenderung melihat hal-hal yang sering diabaikan oleh orang lain, dan mereka berfokus untuk memastikan bahwa setiap elemen dalam pekerjaan atau tugas telah diperhatikan dengan seksama.

8. Komunikasi Efektif

Kemampuan komunikasi dengan jelas dan efektif dengan rekan kerja, atasan, dan klien sangat penting dalam dunia kerja. Hal ini merupakan proses penyampaian informasi, gagasan, atau pesan dengan cara yang tepat, jelas, dan persuasif sehingga dapat dipahami dengan baik oleh penerima yang mana bertujuan untuk mencapai pemahaman yang saling memuaskan antara pengirim dan penerima pesan. Komunikasi efektif dapat tercapai jika memenuhi beberapa elemen, seperti penggunaan bahasa yang tepat, ekspresi tubuh, intonasi suara, dan mendengarkan aktif. Komunikasi yang baik membantu membangun hubungan yang kuat dan produktif di tempat kerja. 

9. Kemampuan Beradaptasi

Lingkungan kerja pastinya akan sering kali berubah dan berkembang, dari mulai bertambah atau berkurangnya rekan, perubahan posisi, jabatan, dan lainnya, sehingga kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan dengan fleksibel adalah keterampilan yang sangat dihargai untuk keperluan kerja. Kemampuan ini mencakup kemauan dan keterampilan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, tuntutan pekerjaan, kondisi sosial, atau situasi pribadi yang berbeda. Seseorang yang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik mampu menghadapi tantangan dengan positif, belajar dari pengalaman, dan menemukan cara untuk berhasil dalam berbagai situasi yang beragam.

10.  Jadilah seorang generalis yang efektif

Menjadi generalis memang seolah merelakan diri untuk melakukan segala hal dalam suatu pekerjaan, tapi sebenarnya bukan seperti itu. Generalis adalah situasi dimana kamu menguasai banyak bidang walaupun tidak mahir tetapi mahir didalam salah satu bidang tersebut. Konsep ini biasa disebut ‘T-Shape’. Kamu harus coba mempelajari berbagai macam keahlian dalam bidang pekerjaan yang ingin kamu tuju, tetapi pastikan ada satu bidang yang kamu fokuskan untuk bisa mahir didalamnya.

Gimana? Sudah mulai bisa disiapkan tentang soft skill yang harus kamu asah untuk mencapai karir yang baik! Untuk itu kamu harus mempelajari banyak hal, tetapi sekarang belajar jadi jauh lebih mudah karena apapun ada di internet. Tapi pastinya tidak asik jika sedang serius belajar tiba-tiba internet lemot. Kamu bisa memakai promo paket internet termurah dan dapatkan keuntungan double cashback hingga 4,8 juta plus extra cashback hingga 100 ribu, serta cloud storage 20gb selama 12 bulan! Buruan berlangganan sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik lainnya!

Share :

You might also like :

5 Tips Push Rank Mobile Legends Paling Efektif!
jakakakakakkkakka
. . .